STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
1. Pendidikan Agama Islam
1. Menerapkan tata cara membaca Al-qur‟an menurut tajwid, mulai daricara membaca “Al”- Syamsiyah dan “Al”- Qomariyah sampai kepadamenerapkan hukum bacaan mad dan waqaf
2. Meningkatkan pengenalan dan keyakinan terhadap aspek-aspek rukuniman mulai dari iman kepadaAllah sampai kepada iman pada Qadhadan Qadar serta Asmaul Husna
3. Menjelaskan dan membiasakan perilaku terpuji seperti qanaah dantasawuh dan menjauhkan diri dari perilaku tercela seperti ananiah,hasad, ghadab dan namimah
4. Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat-shalat munfarid danjamaah baik shalat wajib maupun shalat sunat
5. Memahami dan meneladani sejarah Nabi Muhammad dan parashahabat serta menceritakan sejarah masuk dan berkembangnya Islamdi nusantara
2. Pendidikan Agama Kristen
1. Menjelaskan karya Allah dan penyelamatan bagi manusia dan seluruhciptaan
2. Menginternalisasi nilai-nilai kristiani dengan menanggapinya secaranyata
3. Bertanggung jawab terhadap diri dan sesamanya, masyarakat dangereja sebagai orang yang sudah diselamatkan
3. Pendidikan Kewarganegaraan
1. Memahami dan menunjukkan sikap positif terhadap norma-normakebiasaan, adat istiadat, dan peraturan, dalam kehidupan berbangsadan bernegara
2. Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan Republik Indonesiasesuai dengan suasana kebatinan konstitusi pertama
3. Menghargai perbedaan dan kemerdekaan dalam mengemukakanpendapat dengan bertanggung jawab
4. Menampilkan perilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasiladan Undang-Undang Dasar 1945
5. Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan kehidupan demokrasidan kedaulatan rakyat
6. Menjelaskan makna otonomi daerah, dan hubungan antarapemerintahan pusat dan daerah
7. Menunjukkan sikap kritis dan apresiatif terhadap dampak globalisasi
8. Memahami prestasi diri untuk berprestasi sesuai dengankeindividuannya
4. Bahasa Indonesia
1. Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam kegiatan wawancara, pelaporan,penyampaian berita radio/TV, dialog interaktif, pidato,khotbah/ceramah, dan pembacaan berbagai karya sastra berbentukdongeng, puisi, drama, novel remaja, syair, kutipan, dan sinopsisnovel
2. Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan,informasi, pengalaman, pendapat, dan komentar dalam kegiatanwawancara, presentasi laporan, diskusi, protokoler, dan pidato, sertadalam berbagai karya sastra berbentuk cerita pendek, novel remaja,puisi, dan drama
3. Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami berbagaibentuk wacana tulis, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi,cerita pendek, drama, novel remaja, antologi puisi, novel dariberbagai angkatan
4. Menulis
Melakukan berbagai kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran,perasaan, dan informasi dalam bentuk buku harian, surat pribadi,pesan singkat, laporan, surat dinas, petunjuk, rangkuman, teksberita, slogan, poster, iklan baris, resensi, karangan, karya ilmiah sederhana, pidato, surat pembaca, dan berbagai karya sastraberbentuk pantun, dongeng, puisi, drama, puisi, dan cerpen
5. Bahasa Inggris 1. Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dantransaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalambentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report,dalam konteks kehidupan sehari-hari
2. Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonaldan transaksional sederhana, secara formal maupun informal,dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, danreport, dalam konteks kehidupan sehari-hari
3. Membaca
Memahami makna dalam wacana tertulis interpersonal dantransaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalambentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report,dalam konteks kehidupan sehari-hari
4. Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacanainterpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupuninformal, dalam bentuk recount, narrative, procedure,descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari
6. Matematika
1. Memahami konsep
bilangan real, operasi hitung dan sifat-sifatnya(komutatif, asosiatif, distributif), barisan bilangan sederhana(barisan aritmetika dan sifat-sifatnya), serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
2. Memahami konsep aljabar meliputi: bentuk aljabar dan unsur unsurnya,
persamaan dan pertidaksamaan linear serta penyelesaiannya, himpunan dan operasinya, relasi, fungsi dan grafiknya, sistem persamaan linear dan penyelesaiannya, sertamenggunakannya dalam pemecahan masalah
3. Memahami bangun-bangun geometri, unsur-unsur dan sifat sifatnya,
ukuran dan pengukurannya, meliputi: hubungan antargaris, sudut (melukis sudut dan membagi sudut), segitiga (termasukmelukis segitiga) dan segi empat, teorema Pythagoras, lingkaran(garis singgung sekutu, lingkaran luar dan lingkaran dalam segitigadan melukisnya), kubus, balok, prisma, limas dan jaring-jaringnya,kesebangunan dan kongruensi, tabung, kerucut, bola, sertamenggunakannya dalam pemecahan masalah
4. Memahami konsep data, pengumpulan dan penyajian data (dengan tabel, gambar, diagram, grafik), rentangan data, rerata hitung,modus dan median, serta menerapkannya dalam pemecahanmasalah
5. Memahami konsep ruang sampel dan peluang kejadian, serta memanfaatkan dalam pemecahan masalah
6. Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalamkehidupan
7. Memiliki kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta mempunyai kemampuan bekerja sama
7. Ilmu Pengetahuan Alam
1. Melakukan pengamatan dengan peralatan yang sesuai,melaksanakan percobaan sesuai prosedur, mencatat hasilpengamatan dan pengukuran dalam tabel dan grafik yang sesuai,membuat kesimpulan dan mengkomunikasikannya secara lisan dantertulis sesuai dengan bukti yang diperoleh
2. Memahami keanekaragaman hayati, klasifikasi keragamannyaberdasarkan ciri, cara-cara pelestariannya, serta salingketergantungan antar makhluk hidup di dalam ekosistem
3. Memahami sistem organ pada manusia dan kelangsungan makhlukhidup
4. Memahami konsep partikel materi, berbagai bentuk, sifat danwujud zat, perubahan, dan kegunaannya
5. Memahami konsep gaya, usaha, energi, getaran, gelombang, optik,listrik, magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
6. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya.
8. Ilmu Pengetahuan Sosial
1. Mendeskripsikan keanekaragaman bentuk muka bumi, prosespembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
2. Memahami proses interaksi dan sosialisasi dalam pembentukankepribadian manusia
3. Membuat sketsa dan peta wilayah serta menggunakan peta, atlas,dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan
4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di geosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
5. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, danpemerintahan sejak Pra-Aksara, Hindu Budha, sampai masa Kolonial Eropa
6. Mengidentifikasikan upaya penanggulangan permasalahankependudukan dan lingkungan hidup dalam pembangunanberkelanjutan
7. Memahami proses kebangkitan nasional, usaha persiapankemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan, dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
8. Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya dan tipe-tipe perilakumasyarakat dalam menyikapi perubahan, serta mengidentifikasiberbagai penyakit sosial sebagai akibat penyimpangan sosial dalammasyarakat, dan upaya pencegahannya
9. Mengidentifikasi region-region di permukaan bumi berkenaandengan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera,keterkaitan unsur-unsur geografi dan penduduk, serta ciri-cirinegara maju dan berkembang
10. Mendeskripsikan perkembangan lembaga internasional, kerja samainternasional dan peran Indonesia
dalam kerja sama danperdagangan internasional, serta dampaknya terhadapperekonomian Indonesia
11 .Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi sertamengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsipekonomi dalam memenuhi kebutuhannya
12. Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi berupa kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa untukmencapai kemandirian dan kesejahteraan
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
4/
5
Oleh
Rahfiqa